Mendaki Gunung di Jerman Esterbergalm, Garmisch Partenkirchen (1264m)

Bavaria, Jerman Selatan memiliki barisan pegunungan yang indah. Salah satunya di daerah Garmisch Partenkirchen yang dikelilingi oleh anak-anak gunung Alpen. Disini juga terdapat puncak tertinggi di Jerman, yaitu Zugspitze setinggi 2.962m diatas permukaan laut.

Bagaimana cara menuju Garmisch Partenkirchen?

Hal akses termudah adalah dengan kereta, kalian bisa naik kereta dari Munich Hauptbahnhof sekitar 1,5 Jam menuju GAP (Garmisch Partenkirchen) bisa cek di bahn.de. Tapi dalam blog ini saya tidak membahas tentang kota GAP atau cara menuju Zugspitze, tapi mendaki salah satu gunung yang ada di daerah Garmisch.

Nama gunung tersebut adalah Esterbergalm setinggi 1.264m diatas permukaan laut. Saya mendaki gunung ini pada bulan Maret, sehingga masih ada salju dipuncak gunung tersebut.

Berbeda di Indonesia, apabila kalian ingin mendaki gunung disini, kalian tidak perlu mendaftarkan diri hanya perlu keberanian dan badan yang "fit".




untuk mendaki gunung di Jerman, kalian tidak perlu "Ranger" atau pengiring, karena warga setempat atau pemerintah telah membuat penunjuk jalan, jadi kalian tidak perlu khawatir akan tersesat. Adalah hal yang umum di Jerman setiap puncak di gunung mereka memiliki restoran atau penginapan. Pada umumnya restoran-restoran ini dimiliki oleh sebuah keluarga yang telah lama menetap dipuncak gunung, Di puncak gunung terdapat Esterbergalm, makanan disana berkisar antara 5-15 Euro.



Kuda yang dimiliki oleh keluarga Esterbergalm

Walaupun banyak salju seperti ini, saya tetap bisa mendaki hanya menggunakan sepatu Nike Air! 

Tips mendaki gunung di Jerman

1. Search di Internet

Kamu bisa googling di Internet gunung apa yang ingin kamu kunjungi, biasanya di daerah Allgäu, Oberbayern, dan Garmisch terdapat banyak pilihan gunung-gunung yang mudah untuk ditanjaki. Mulai dari level hijau (einfach), kuning (mittel) dan merah (hart).

2. Cek cuaca! 
Bukan orang Jerman namanya, apabila tidak cek cuaca di lokasi! Sebelum memulai hari-harinya, orang Jerman selalu cek cuaca hari ini, besok, bahkan untuk seminggu kedepan.

3. Cek apakah ada "Hütte" di puncak gunung
Pada umumnya setiap gunung memiliki Hütte atau restoran yang memberikan layanan kepada pengunjung. Apabila ada Hütte dipuncak, akan banyak orang yang mendaki gunung tersebut, dan gunung tersebut dilengkapi petunjuk cara mengunjungi Hütte dan kalian tidak akan mati kelaparan!

4. Bawa makanan ringan dan minuman
Minuman adalah hal yang terpenting dalam olahraga, begitu juga dengan snack ringan seperti protein bars atau permen. 

5. Ucapkan "grüß Gott" atau "Servus"
Seperti di Indonesia, apabila bertemu dengan pendaki lainnya kita akan saling sapa. Di daerah Bavaria apabila kalian bertemu dengan pendaki lain maka ucapkanlah "gruess gott" atau "servus".

Have fun!

Viel Spaß!


Comments